Senin, 20 Oktober 2014

Ringkasan Proyek Kewirausahaan

RINGKASAN PROYEK
A.      Organisasi/Manajemen
1.    Nama Perusahaan                    : Donat Emagi
2.    Nama Pemilik                          : 1. Ahmad Maulana Saputra
2.    Esa Amalia Fitri
3.    Merisa Hasriana
4.    Santi Asmarani
3.    Bidang Usaha                         : Produksi dan Penjualan Donat
4.    Jumlah Karyawan                   : -

B.       Pemasaran
1.    Produk yang dipasarkan           : Aneka donat kentang, dengan rasa/topping seperti:
a.    Donat coklat
b.    Donat selai strawberry
c.    Donat selai srikaya
d.   Donat selai nanas
e.    Donat selai blueberry
f.     Donat keju
g.    Donat gula halus
h.    Donat abon ayam
i.      Donat meises warna-warni
j.      Donat meises hijau
k.    Donat meises pink

2.    Sasaran Konsumen                   : Masyarakat umum (mahasiswa, ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak.

3.    Wilayah Pemasaran                   : Sekolahan dan masyarakat sekitarnya di Jalan Merdeka

4.    Rencana Permintaan dan Penawaran dalam 3 tahun:
Tahun
Permintaan
Penawaran
Peluang Pasar
Rencana Penjualan
pangsa pasar
2013
59000
54750
4250
54750
13%
2014
78000
73000
5000
73000
15%
2015
96700
91250
5450
91250
16%

C.      Produksi/Operasi
a.    Rencana Produksi Produk

Tahun
Produk
2013
54750
2014
73000
2015
91250

b.    Ketersediaan Bahan Baku
Bahan baku pokok yang diperlukan ialah tepung terigu dan kentang untuk setiap harinya dalam pembuatan donat tersebut. Bahan baku yang digunakan pun mudah diperoleh/didapatkan.

D.      Keuangan
a.     Total Pembiayaan Usaha         : Rp40.374.095
b.    Modal Sendiri                         : Rp5.000.000
c.     Pinjama Dana                          : Rp35.374.095

Semua dana diatas digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, sewa dan semua perlengkapan yang mendukung kegiatan operasional tersebut.

BAB I
LATAR BELAKANG

1.1    Dasar Gagasan Utama

1.1.1        Prospek Pasar
Prospek pasar yang akan dijadikan target dan sasaran oleh usaha kami yaitu masyarakat umum mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Walupun telah ada kompetitor di wilayah tempat penjualan produk kami tetapi kami yakin produk yang kami tawarkan akan tetap diterima oleh khalayak ramai karena harga produk yang kami tawarkan menyesuaikan kondisi ekonomi khususnya masyarakat Indonesia, sehingga semua kalangan dapat menikmatinya.

1.1.2        Manfaat Ekonomi
Usaha donat kami ini memberikan manfaat tersendiri bagi para konsumennya, karena kami menyediakan donat dengan harga-harga yang relatif murah dan terjangkau dibandingkan dengan donat lainnya. Selain itu manfaat lainnya dari donat kami ini yaitu dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, karena bahan baku yang kami miliki terjamin kualitasnya, proses pembuatannya yang higienis, sehingga produk yang diciptakan bermutu tinggi.

1.1.3        Manfaat Sosial
a.    Bagi pemilik
Pemilik dapat membentuk jiwa kewirausahaannya terhadap produk yang dipasarkan, dengan cara mendapatkan keuntungan/laba dari penjualan produknya tersebut, serta dapat juga mengembangkan usahanya dari keuntungan yang pemilik dapatkan. Seperti halnya membuka cabang baru di wilayah lain, produknya lebih bervariasi, memberikan layanan yang maksimal kepada konsumen, harganya yang lebih ekonomis sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut, dan lain-lain.

b.    Bagi Masyarakat
Dengan membeli produk dari usaha kami ini, masyarakat mendapatkan makanan/jajanan yang enak, bergizi, sehat, harga terjangkau, layanan yang baik, ramah dan sopan. Sehingga masyarakat merasa puas.

1.2    Daftar Riwayat Hidup Pengelola

1.2.1   Ketua
Nama                                    :    Ahmad Maulana Saputra
Tempat/Tanggal lahir           :    Palembang, 12 Oktober 1993
Agama                                  :    Islam
Alamat                                 :    Jl. Musi Raya no. 8 Rt.47 /Rw.10 kelurahan sialang, sako perumnas
Pendidikan terakhir              :    Diploma III

1.2.2   Pengelola Bagian Keuangan
Nama                                    :    Santi Asmarani
Tempat/Tanggal lahir           :    Palembang, 7 Juni 1993
Agama                                  :    Islam
Alamat Rumah                     :    Jl. Rambutan Dalam No. 1440 Rt.29/Re.10 Palembang
Pendidikan Terakhir             :    Diploma III

1.2.3   Pengelola Bagian Produksi
Nama                                    :    Esa Amalia Fitri
Tempat/Tanggal lahir           :    Palembang, 5 Maret 1994
Agama                                  :    Islam
Alamat Rumah                     :    Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 530
                                                  Rt.21/Rw.05 2 Ulu Palembang
Pendidikan Terakhir             :    Diploma III

1.2.4   Pengelola Bagian Pemasaran
Nama                                    :    Merisa Hasriana
Tempat/Tanggal lahir           :    Palembang, 24 Mei 1994
Agama                                  :    Islam
Alamat Rumah                     :    Jl. Khm. Asyik Ir. Sirojul Hud
                                                   No. 1607 Rt.32/Rw.10 Palembang
Pendidikan Terakhir             :    Diploma III













BAB II
PASAR DAN PEMASARAN

2.1 Gambaran Umum Pasar
2.1.1 Jenis Produk yang Ditawarkan
Jenis produk yang ditawarkan adalah aneka donat yang divariasikan dan diolah langsung oleh orang yang telah ahli di bidangnya.
Dengan bentuk yang bervariasi dan rasa yang lezat, pelayanan yang baik, serta pelayanan pesanan yang memuaskan, usaha ini ingin menjadi usaha makanan yang sangat digemari oleh para masyarakat yang mengutamakan kepuasan para konsumennya, mulai dari cita rasa, kebersihan dan kesehatan produknya.
2.1.2 Wilayah Pemasaran
Untuk pemasaran dan penjualan produknya, pemilik usaha ini memilih daerah pemasarannya di Jalan Merdeka, karena kami menilai tempat tersebut ramai di kunjungi oleh masyarakat dari kalangan anak-anak, remaja hinggga dewasa.
2.1.3 Target Pemasaran
Target pemasaran usaha ini adalah masyarakat umum yang berada di sekitar wilayah pemasaran usaha dan masyarakat kota Palembang lainnya.
2.1.4  Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar usaha ini terbagi menjadi 3 kelompok utama yaitu, anak-anak, siwi-siswi SD, remaja seperti siswa SMP dan SMA serta dewasa seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, bapak-bapak, dan dari kalangan lainnya.
2.1.5 Positioning
Usaha ini menawarkan donat yang diolah dengan berbagai jenis donat dengan mengutamakan kekhasan dari rasa donat itu sendiri.
2.2  Permintaan
2.2.1  Jumlah Permintaan terhadap Produk
a.  Sasaran Pembeli
Sasaran pembeli yang ditawarkan dalam usaha kami ini adalah masyarakat umum, seperti hal nya dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa dan masyarakat umum lainnya yang berada di sekitar tempat wilayah penjualan donat kami ini.
b.  Jumlah Konsumen
Pemilik usaha dari produk donat kami ini memandang bahwa konsumen yang akan datang ke tempat usaha kami tersebut adalah para anak-anak, remaja, dewasa dan ibu-ibu rumah tangga, serta masyarakat lainnya yang berada disekitar wilayah pemasaran dengan targer penjualan per harinya 150 donat.
c.  Jumlah Kebutuhan
Jumlah kebutuhan konsumen untuk produk donat yang kami tawarkan rencananya sebesar 150 donat per hari.  Menurut rencana target yang pemilik inginkan, hendaknya jumlah konsumen adalah rata-rata kurang lebih 80 konsumen. 
d.  Total Kebutuhan Perbulan
Pemilik usaha memperhitungkan bahwa dari orang yang datang untuk membeli produk donat ini sangat bervariasi bergantung dengan aneka jenis donat yang ditawarkan.
2.2.2  Proyeksi Permintaan
Menurut hasil pengamatan yang dilakukan sebelum membuka usaha, penjualan  berbagai  produk makanan donat yang sangat diminati oleh masyarakat umum.   Berikut keterangan mengenai jumlah donat yang akan dihasilkan dalam 3 tahun kedepan:
Produk
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Donat
59000
78000
96700


2.3 Penawaran
2.3.1  Jumlah Produk Sejenis di Pasar
Saat ini telah ada produk sejenis yang kami tawarkan, diantaranya yaitu: dunkin donut, jco dan lain sebagainya.
2.3.2  Proyeksi Penawaran
Penulis menargetkan adanya kenaikan lebih dari 10% setiap tahunnya seperti yang  tergambar di bawah ini untuk prediksi 3 tahun:
Tahun
Produk
2013
54.750
2014
73.000
2015
91.250

2.4  Pangsa Pasar
Adapun pangsa pasar dari usaha kami dapat di lihat dari tabel berikut ini:



PANGSA PASAR
Tahun
Permintaan
Penawaran
Peluang Pasar
Rencana Penjualan
pangsa pasar
1
2
3
4
5
6
2013
59000
54750
4250
54750
13%
2014
78000
73000
5000
73000
15%
2015
96700
91250
5450
91250
16%

2.5  Rencana dan Strategi Pemasaran
Agar usaha yang kami buat terus berjalan dengan baik dan mampu bersaing di pasaran maka kami membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran ini kami buat agar kami dapat meningkatkan penjualan produk sehingga dapat menciptakan laba atau penghasilan yang lebih besar.  Strategi pemasaran ini meliputi aspek bauran pemasaran yaitu, harga, produk, promosi, dan pendistribusian
a.    Harga
     Harga yang kami  tawarkan adalah harga yang telah disesuaikan dengan masyarakat Indonesia sehingga anak-anak, remaja, dan dewasa dapat menikmatinyaUntuk itu penulis memberikan harga rata-rata pada produk donat yang kami tawarkan yaitu Rp 3.000,00.

b.    Produk
     Produk yang penulis tawarkan kepada konsumen adalah donat. Dalam hal ini kami membuat donat dengan berbagai variasi rasa dan sangat mengutamakan kualitas produk, sehingga kami yakin donat yang kami tawarkan akan diterima masyarakat.
c.    Promosi
     Dalam hal promosi, kami memberikan promosi dengan cara  memberikan diskon, membuat brosur-brosur, benner dan memberikan bonus spesial kepada konsumen yang membeli produk kami dalam jumlah banyak seperti, beli 8 geratis 1.

d.   Pendistribusian
     Pada usaha kami pendistribusian produk di lakukan langsung kepada konsumen yang melakukan pembelian. Kami pun menyediakan layanan antar apabila konsumen membeli produk kami dengan jumlah yang banyak.  Di dalam usaha kami ini, kami bersedia bekerjasama dengan pedagang kecil atau eceran yang ingin memasarkan produk donat kami kepada konsumen, karena dengan adanya kerjasama tersebut maka usaha kami akan dengan cepat di kenal masyarakat dan jumlah konsumen pun akan meningkat.


















BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI

3.1 Produk dan Proses Produksi
3.1.1   Produk
Produk yang kami tawarkan adalah Donat kentang dengan berbagai variasi isi dan topping seperti: coklat,  selai strawberry, selai srikaya, selai nanas, selai blueberry, keju, gula halus, abon ayam, meises warna-warni, meises hijau, meises pink

3.1.2        Proses Produksi
Cara membuat donat kentang kami ialah sebagai berikut:
a.    Campurkan tepung terigu, gula dan ragi instant aduk hingga rata. Lalu masukkan kentang yang telah di haluskan. Tuang teluar, susu cair dan air dingin sambil di uleni hingga rata dan setengah kalis.
b.    Beri mentega dan garam, uleni terus hingga benar-benar kalis atau elastic. Istirahatkan adonan tersebut selama kurang lebih 15 menit.
c.    Bagi adonan masing-masing 50gr lalu buat bulat-bulat. Diamkan lagi hingga mengembang.(Jika ingin membuat donat isi, maka masukan isi nya contoh, coklat, selai strobery dll)
d.   Lubangi tengahnya menjadi bentuk donat
e.    Lalu goreng donat hingga berwarna kuning kecoklatan
f.     Angkat, tiriskan, lalu beri topping sesuai dengan selera

3.2    Biaya Produksi
    Biaya produksi yang kami gunakan dalam pembuatan usaha donat ini dapat dilihat dalam tabel berikut:



No
Nama Barang
Merk
Kuantitas
Satuan
Harga Satuan
Jumlah/hari
1
Tepung terigu
segitiga biru
5
kg
 Rp   8.000,00
 Rp  40.000,00
2
Gula Pasir
Kiloan
0,75
kg
 Rp 12.000,00
 Rp    9.000,00
3
Ragi
Vita
10
sachet
 Rp   3.000,00
 Rp  30.000,00
4
Baking Powder
-
4
sachet
 Rp   2.500,00
 Rp  10.000,00
5
Garam
Intan
2
bungkus
 Rp   1.000,00
 Rp    2.000,00
6
Telur
-
1,5
kg
 Rp 15.000,00
 Rp  22.500,00
7
Mentega
blue band
2
sachet
 Rp 14.000,00
 Rp  28.000,00
8
Susu cair
 Indomilk
1,5
Liter
 Rp 10.000,00
 Rp  15.000,00
9
Minyak sayur
 Fortune
3
kg
 Rp 12.000,00
 Rp  36.000,00
10
Meises coklat
Kiloan
0,25
bungkus
 Rp 18.000,00
 Rp    4.500,00
11
Coklat
Collata
0,5
kg
 Rp 40.000,00
 Rp  20.000,00
12
Selai Setroberi
Kiloan
0,25
kg
 Rp 13.000,00
 Rp    3.250,00
13
Selai Nanas
Kiloan
0,25
kg
 Rp 13.000,00
 Rp    3.250,00
14
Selai Srikaya
Kiloan
0,25
kg
 Rp 13.000,00
 Rp    3.250,00
15
Keju
Prochiz
1
kotak
 Rp   8.000,00
 Rp    8.000,00
16
Gula Halus
gula asli
1
bungkus
 Rp   6.500,00
 Rp    6.500,00
17
Selai Blueberry
Kiloan
0,25
kg
 Rp 13.000,00
 Rp    3.250,00
18
Abon Ayam
Kiloan
0,25
kg
 Rp 90.000,00
 Rp  22.500,00
19
Meises Campur
 Kiloan
0,25
bungkus
 Rp 18.000,00
 Rp    4.500,00
20
Meises Ijo
 Kiloan
0,25
bungkus
 Rp 18.000,00
 Rp    4.500,00
21
Meises Pink
 Kiloan
0,25
bungkus
 Rp 18.000,00
 Rp    4.500,00
22
Air
-
1
galon
 Rp   3.500,00
 Rp    3.500,00
23
Kentang
Kiloan
0,5
kg
 Rp   9.000,00
 Rp    4.500,00
                                                                                     Jumlah
 Rp 288.500,00









No.
Peralatan
Merek
Banyak
Satuan
Nilai
Jumlah
1
kompor gas ( 2  lubang)
Rinnai
2
unit
Rp469.000,00
Rp938.000,00
2
Tabung gas ( 3 kg)
 -
2
tabung
Rp125.000,00
Rp250.000,00
3
Selang besi + regulator
Quantum
2
unit
Rp90.000,00
Rp180.000,00
4
Wajan besar
-
4
unit
Rp200.000,00
Rp800.000,00
5
piring ceper
legacy
10
unit
Rp25.000,00
Rp250.000,00
6
baskom plastik besar
lion star
6
buah
Rp13.000,00
Rp78.000,00
7
tampah  besar
-
5
buah
Rp10.000,00
Rp50.000,00
8
spatula kayu
-
4
buah
Rp12.000,00
Rp48.000,00
9
sendok garpu
Doll
1
lusin
Rp30.000,00
Rp30.000,00
10
Centong
-
4
unit
Rp7.000,00
Rp28.000,00
11
penjepit makanan
Vanesa
4
unit
Rp8.000,00
Rp32.000,00
12
box ( 40cm x 20 cm )
 -
5
unit
Rp35.000,00
Rp175.000,00
13
Staples
-
5
buah
Rp7.000,00
Rp35.000,00
14
Ember
rovega
4
buah
Rp50.000,00
Rp200.000,00
15
Toples
lion star
11
buah
Rp15.000,00
Rp165.000,00
16
galon+air
Aqua
2
galon
Rp45.000,00
Rp90.000,00
17
Kursi lipat
metal
5
unit
Rp80.000,00
Rp400.000,00
18
Pisau
rino
1
buah
Rp27.000,00
Rp27.000,00
19
Gunting
-
4
buah
Rp10.000,00
Rp40.000,00
20
Timbangan
-
1
unit
Rp150.000,00
Rp150.000,00
21
Meja
cipta
5
buah
Rp100.000,00
Rp500.000,00
22
Kipas Angin
Denpoo
2
unit
Rp250.000,00
Rp500.000,00
23
Cangkir
legacy
10
unit
Rp5.000,00
Rp50.000,00
24
Kepiting (4 lubang)
-
2
unit
Rp60.000,00
Rp120.000,00
                                                                                          Jumlah
Rp5.136.000,00
3.3    Inventaris

Inventaris yang kami gunakan dalam pembuatan usaha donat ini dapat dilihat dalam tabel berikut:




3.4    Biaya penunjang kegiatan produksi

Jenis Biaya Umum
Total per tahun
Biaya Promosi
Biaya Sewa
Biaya Listrik
Biaya Air (PDAM)
Biaya Penyusutan Peralatan
Rp2.400.000,00
Rp9.000.000,00
Rp480.000,00
Rp360.000,00
Rp132.950,00






















BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN

4.1  Bentuk Kepemilikan
1.    Nama Usaha                                :  Donat Emagi
2.  Nama Pemilik                              :  1. Ahmad Maulana Saputra
2. Esa Amalia Fitri
3. Merisa Hasriana
4. Santi Asmarani
3.  Alamat tempat usaha                  :  Jalan Merdeka
4.  Bentuk badan usaha                    :  Kelompok

4.2  Struktur Organisasi dan Tata Kerja
Visi, Misi dan Tujuan usaha:
1.      Visi
-       Menjadi produsen donat yang paling unggul di Indonesia
-       Memiliki pelanggan setia
-       Menyediakan produk yang berkualitas bagi konsumen
-       Menjaga cita rasa produk

2.      Misi
-       Memiliki jaringan pemasaran luas di seluruh Indonesia
-       Kualitas produk terjamin
-       Meningkatkan jumlah konsumen setiap harinya
-       Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
-       Memperoleh keuntungan yang maksimal

3.      Tujuan
-       Meningkatkan pendapatan bagi pemilik usaha
-       Menjadikan donat sebagai makanan yang baik di konsumsi semua kalangan
-       Menciptakan lapangan pekerjaan
-       Mendapatkan laba/keuntungan
-       Memenuhi permintaan pasar
Struktur Organisasi
Sebagai suatu badan uaha yang baru dirintis, maka suatu stuktur oganisasi yang kuat perlu di ciptakan, sehingga tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan usaha dapat di lakukan dengan baik.  Dikarenakan usaha yang kami buat masih tergolong usaha kecil dan kegiatan yang di laksanakan pun masih sedikit, maka bentuk struktur organisai kami ialah:
1.      Pemilik Usaha
a.     Ahmad Maulana         :  Pemimpin usaha
b.    Santi Asmarani            :  Bagian Keuangan
c.     Merisa Hasriana          :  Bagian Pemasaran
d.    Esa Amalia Fitri          :  Bagian Produksi

2.       Koki
Dalam hal ini, semua anggota bersama-sama membuat donat, sehingga koki atau juru masak dari usaha kami ialah semua anggota.









Bagan Struktur Organisasi

PEMILIK
Ahmad Maulana Saputra
KEUANGAN
Santi Asmarani
PEMASARAN
Merisa Hasriana
PRODUKSI
Esa Amalia Fitri
 












                                                                                        


4.3  Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Pelaksanaan

Jenis Kegiatan
Pra-Opeaional
Jadwal
Pelaksanaan
Biaya
Operasi
Survei Pasar dan Tempat
10 April 2013
Rp 40.000,00
Menyusun Rencana Usaha
15 April 2013
Rp 10.000,00








BAB V
KEUANGAN
PROYEKSI NERACA
(dalam Rp)
Keterangan
Tahun 2013
Tahun 2014
Tahun 2015



A. AKTIVA LANCAR



Kas
Rp10.000.000
Rp12.000.000
Rp15.000.000
Piutang



Perlengkapan
Rp4.341.000
Rp4.370.000
Rp4.400.000
Persediaan



Akumulasi Penyusutan Peralatan
Rp132.950
Rp132.950
Rp132.950

TOTAL AKTIVA LANCAR
Rp14.341.000
Rp16.370.000
Rp19.400.000




B. AKTIVA TETAP



Tanah
-


sewa tempat
Rp9.000.000
Rp9.000.000
Rp9.000.000
Mesin dan Peralatan
Rp2.568.000
Rp2.568.000
Rp2.568.000
Investasi
-






TOTAL AKTIVA TETAP
Rp11.568.000
Rp11.568.000
Rp11.568.000
TOTAL AKTIVA
Rp25.909.000






C. INVESTASI PRA-OPERASI



Akumulasi Amortisasi
-


Nilai Buku Ak. Tak Berwujud
-


Total Aktiva (A+B+C)
Rp25.909.000
Rp27.938.000
Rp30.968.000

2. KEWAJIBAN DAN MODAL







A. Kewajiban Lancar



hutang Bank
Rp35.374.095
Rp2.000.000
Rp2.000.000




Total Kewajiban Lancar
Rp35.374.095
Rp2.000.000
Rp2.000.000




B. Kewajiban Jk. Panjang



Kredit Investasi
-


Total Kewajiban Jk. Panjang
-


TOTAL KEWAJIBAN

-





C. MODAL



Modal Sendiri
Rp5.000.000
Rp7.000.000
Rp10.000.000
Laba Periode Lalu
-
Rp35.374.095
Rp54.924.345
Laba
Rp35.374.095
Rp54.924.345
Rp68.370.345




Total Modal
Rp40.374.095
Rp97.298.440
Rp133.294.690




Total Kewajiban dan Modal
Rp40.374.095
Rp97.298.440
Rp133.294.690




ROI = (Laba/Total Aktiva) x 100%
130%
197%
221%





















PROYEKSI LABA RUGI
(dalam Rp)
Keterangan
Tahun 2013
Tahun 2014
Tahun 2015
A. Penjualan
Rp156.037.500
Rp212.430.000
Rp268.275.000




B. Biaya Produksi



Bahan baku
Rp103.860.000
Rp138.700.000
Rp173.375.000
Upah tenaga kerja
-

Rp6.000.000
TOTAL BIAYA PRODUKSI
Rp103.860.000
Rp138.700.000
Rp179.375.000








C. Laba Usaha Kotor (A-B)
Rp52.177.500
Rp73.730.000
Rp88.900.000




D. Biaya Usaha



Gaji karyawan
-
-
-
Biaya Promosi
Rp2.400.000
Rp2.500.000
Rp2.700.000
Biaya Sewa
Rp9.000.000
Rp9.000.000
Rp9.000.000
Biaya Listrik
Rp480.000
Rp490.000
Rp500.000
Biaya Air (PDAM)
Rp360.000
Rp380.000
Rp400.000
Biaya Penyusutan Peralatan
Rp132.950
Rp132.950
Rp132.950
Biaya Pra Operasional



Biaya Amortisasi







TOTAL BIAYA USAHA
Rp12.372.950
Rp12.502.950
Rp12.732.950




E. Laba Usaha (C-D)
Rp39.804.550
Rp61.227.050
Rp76.167.050




F. Bunga
Rp9.904.747
Rp560.000
Rp560.000




G. Laba Sebelum Pajak
Rp29.899.803
Rp60.667.050
Rp75.607.050




H. Pajak
Rp2.989.980
Rp6.066.705
Rp7.560.705




I. Laba (G-H)
Rp26.909.823
Rp54.600.345
Rp68.046.345




J. BEP (D/C) x 100%
24%
17%
14%



ARUS KAS
(dalam Rp)
Keterangan
Tahun 2013
Tahun 2014
Tahu 2015
Total Penjualan
Rp156.037.500
Rp212.430.000
Rp268.275.000




A. Arus Masuk



Penjualan Tunai
Rp156.037.500
Rp212.430.000
Rp268.275.000
Saldo Kas Masuk
Rp10.000.000
Rp12.000.000
Rp15.000.000
Total Kas Masuk
Rp166.037.500
Rp224.430.000
Rp283.275.000




B. Arus Kas Keluar



Peralatan
Rp2.568.000
Rp2.568.000
Rp2.568.000
Biaya Pokok Produksi
Rp103.860.000
Rp138.700.000
Rp179.375.000
Biaya Lian-lain
-
-
-
Bunga
Rp9.904.747
Rp560.000
Rp560.000
Pajak
Rp2.989.980
Rp6.066.705
Rp7.560.705
Total Kas Keluar
Rp119.322.727
Rp147.894.705
Rp190.063.705




C. Kas Bersih (A-B)
Rp46.714.773
Rp76.535.295
Rp93.211.295




D. Kewajiban Bank



Angsuran Kredit Investasi
Rp9.904.747
Rp560.000
Rp560.000
Angsuran Modal Kerja
-
-
-




E. Saldo Kas Akhir (C-D)
Rp36.810.026
Rp75.975.295
Rp92.651.295






Tidak ada komentar:

Posting Komentar