Sabtu, 25 April 2015

Bab I tentang Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Pemilihan Judul
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat saat ini, sehingga dapat membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya.  Perkembangan tersebut mempunyai banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan kualitas dan efektifitas dalam bekerja.  Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan komputer, maka hasil kerja yang diperoleh akan lebih berkualitas dan dapat menghemat waktu.  Komputer itu sendiri merupakan salah satu mesin kantor yang berperan penting bagi kelancaran aktivitas kerja di perusahaan, karena dengan menggunakan komputer kita dapat mengolah dan mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan tepat sehingga hasil kerja dapat lebih efisien (Ananda, 2013).
Salah satu fungsi komputer adalah membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, seperti perhitungan matematis, basis data, pengolahan data statistik, dan lain sebagainya.  Oleh sebab itu, berbagai perusahaan menyediakan fasilitas komputer tersebut yang dilengkapi dengan program-program aplikasinya.  Program aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya (Ananda, 2013).
Komputer dan program aplikasi itu tak terlepas dari koneksi internet, dimana kita dapat mengakses segala informasi yang kita perlukan di mesin pencarian.  Dengan adanya internet, manusia mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi yang menunjang aktivitas kerjanya.  Akan tetapi, dengan semakin banyaknya informasi yang didapatkan melalui internet, menyebabkan manusia harus dapat memilah-milah informasi tersebut, yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan (Radi, 2013).
Selain itu, internet tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mendapatkan informasi saja, tetapi juga untuk aplikasi strategi bisnis, seperti pada kegiatan penjualan, pemasaran, dan pelayanan pelanggan.  Salah satu bagian dari internet adalah website.  Terdapat banyak aplikasi yang disediakan untuk merancang website, salah satunya adalah PHP.  PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan script untuk pemrograman script web server-sidescript yang membuat dokumen HTML secara on the fly, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan meggunakan editor teks atau editor HTML (Sidik, 2006).  Sedangkan MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia (Kharina, 2012).
Terdapat banyak lembaga pendidikan nonformal/bimbingan belajar di Indonesia saat ini.  Banyaknya jumlah bimbel tersebut menyebabkan persaingan yang semakin pesat.  Oleh karena itu, bimbel tersebut harus dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat jika ingin bersaing dengan para pesaingnya.  Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan, karena strategi pemasaran itu sendiri merupakan cara perusahaan untuk mencapai tujuannya.  Strategi pemasaran yang dapat digunakan pada bimbel adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix). 
Salah satu bimbel yang telah menerapkan strategi pemasaran adalah bimbingan belajar Ristek Palembang. Bimbel ini terletak di jalan KH. Wahid Hasyim No. 1007 – 7 Ulu Palembang.  Bauran pemasaran yang diterapkan di bimbel ini belum cukup baik.  Hal ini dikarenakan faktor promosi yang masih sangat kurang, karena bimbel Ristek ini hanya melakukan kegiatan promosinya dengan menggunakan spanduk dan brosur, sehingga jumlah siswa yang belajar di bimbel ini belum cukup banyak.  Bimbel Ristek ini belum pernah melakukan promosi di media cetak ataupun media sosial/internet, padahal kedua media tersebut merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, terlebih lagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. 
Bimbingan belajar Ristek ini kurang memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga sangat disayangkan apabila kemajuan teknologi yang ada sekarang ini kurang dimanfaatkan.  Padahal banyak manfaat dan keunggulan dalam mempromosikan barang/jasa dengan menggunakan internet.  Bahkan perusahaan pesaing telah memanfaatkan teknologi internet berbasis website sebagai media promosinya.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis bermaksud membuat suatu sistem pemasaran berbasis website dengan menggunakan program PHP dan MySQL, sehingga nama bimbel Ristek ini semakin dikenal oleh banyak orang dan dapat menambah jumlah siswa yang ingin belajar di bimbel Ristek ini, penulis tertarik membuat laporan akhir ini dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE PADA BIMBINGAN BELAJAR RISTEK PALEMBANG”.

1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul yang telah diuraikan, maka rumusan masalah yang akan penulis kemukakan adalah “Bagaimanakah perancangan sistem informasi pemasaran berbasis website pada bimbingan belajar Ristek Palembang?”

1.3    Ruang Lingkup Pembahasan
Dalam penulisan laporan akhir ini, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan masalah hanya pada perancangan sistem informasi pemasaran berbasis website, agar dalam pembahasan permasalahan akan lebih terarah dan tidak terjadi penyimpangan. Adapun ruang lingkup pembahasannya adalah “Perancangan sistem informasi pemasaran berbasis website pada bimbingan belajar Ristek Palembang”.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.4.1   Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mendapatkan suatu perancangan sistem informasi pemasaran berbasis website pada bimbingan belajar Ristek Palembang.

1.4.2   Manfaat Penulisan
a.    Bagi penulis
Untuk menerapkan ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan, menambah pengalaman dalam bidang penelitian serta bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan yang didapat terhadap mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
b.    Bagi perusahaan
Memberikan kemudahan bagi calon siswa untuk melakukan pendaftaran secara online dan mendapatkan informasi mengenai bimbingan belajar Ristek Palembang.
c.    Bagi pihak lain
Membantu dalam menjadikan laporan ini sebagai referensi dalam proses penulisan laporan selanjutnya.

1.5    Metode Penelitian
1.5.1   Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini memfokuskan pada perancangan sistem informasi pemasaran berbasis website pada bimbingan belajar Ristek Palembang, yang beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 1007 – 7 Ulu Palembang.

1.5.2   Jenis dan Sumber Data
Menurut Suliyanto (2006:131-132), terdapat dua pembagian data menurut cara memperolehnya, yaitu:
1.    Data Primer
Data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti langsung dari sumber pertama.  Penulis memperoleh data primer melalui pengambilan data pada bimbingan belajar Ristek Palembang. Pengambilan data tersebut dapat berupa sejarah perusahaan, visi dan misi, struktur organisasi, data pengajar dan siswa, dan lain-lain.
2.    Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diterbitkan atau digunakan oleh organisasi yang bukan pengolahnya. Penulis mendapatkan data sekunder ini dari berbagai buku/literatur, jurnal, internet dan hasil dari penelitian pihak lain yang telah dipublikasikan yang ada kaitannya dengan sistem informasi, pemasaran, website, PHP dan MySQL, serta bimbingan belajar.

1.5.3   Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam mengumpulkan data dan informasi untuk penulisan laporan akhir ini adalah dengan menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1.    Riset Lapangan (Field Research)
Riset lapangan yang penulis lakukan adalah dengan mendatangi bimbingan belajar Ristek Palembang. Riset ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data, sebagai berikut:
a.    Observasi
Penulis melakukan pengamatan langsung di bimbingan belajar Ristek Palembang untuk memperoleh keakuratan data yang dibutuhkan.
b.   Wawancara (Interview)
Cara pengumpulan data dengan metode ini, penulis lakukan melalui tanya jawab langsung dengan pimpinan dan pengajar bimbingan belajar Ristek untuk mendapatkan keterangan-keterangan atau informasi tentang data-data yang diperlukan.

2.    Riset Kepustakaan (Library Research)
Pelaksanaan teknik pengumpulan data ini, penulis lakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari buku, literatur, dan internet yang penulis jadikan sebagai landasan teori untuk pembahasan selanjutnya dalam laporan ini.

1.5.4   Analisis Data
Analisa data yang digunakan dalam menyelesaikan laporan akhir ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.  Analisis ini berupa data yang tidak berbentuk angka, tetapi berupa serangkaian informasi yang digali dari hasil penelitian dan masih merupakan fakta verbal/keterangan.  Metode ini digunakan untuk membandingkan teori-teori yang ada dengan semua fakta dan data yang diperoleh dari bimbingan belajar Ristek Palembang agar sesuai dengan penelitian yang penulis lakukan. Penulis menyajikan teori-teori mengenai sistem informasi, pemasaran, websitePHP dan MySQL, serta bimbingan belajar.

1.5.4.1  Komponen-komponen Rancangan Sistem Informasi Pemasaran
1.    Home
Halaman awal yang berisi berbagai berita, informasi dan artikel yang berhubungan dengan pendidikan.
2.    Profil
Halaman ini berisi tentang sejarah bimbel, profil, struktur organisasi dan data pengajar di bimbingan belajar Ristek Palembang.
3.    Program Bimbel
Halaman ini memuat tentang program-program yang ada di bimbingan belajar Ristek Palembang, jadwal les dan biayanya.
4.    Tentang Kami
Halaman ini berisi tentang alamat, peta dan nomor telpon bimbingan belajar Ristek Palembang.
5.    Pendaftaran
Halaman ini memuat tentang formulir pendaftaran bagi siswa yang ingin bergabung di bimbingan belajar Ristek Palembang yang disertai dengan nomor telpon.

1.5.4.2  Rancangan Alur Sistem Informasi Pemasaran


1.6    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan garis besar mengenai isi laporan akhir secara ringkas dan jelas, sehingga antara bab yang satu dengan bab yang lain akan saling berhubungan.  Adapun bab-bab yang terdapat dalam Laporan Akhir ini adalah sebagai berikut:

BAB I     PENDAHULUAN
Bab ini merupakan langkah awal dari penulisan laporan akhir, dimana dalam bab ini menguraikan hal-hal yang mendasar mengenai pokok pemikiran yang melandasi permasalahan dan pokok pembahasan, yang terdiri dari:
1.1     Latar Belakang Pemilihan Judul
1.2     Perumusan Masalah
1.3     Ruang Lingkup Pembahasan
1.4     Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.4.1   Tujuan Penulisan
1.4.2   Manfaat Penulisan
1.5     Metode Penelitian
1.5.1   Ruang Lingkup Penelitian
1.5.2   Jenis dan Sumber Data
1.5.3   Teknik Pengumpulan Data
1.5.4   Analisis Data
1.5.4.1  Komponen-komponen Rancangan Sistem Informasi Pemasaran
1.5.4.2  Rancangan Alur Sistem Informasi Pemasaran
1.6     Sistematika Penulisan

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini, penulis memberikan penjabaran teori yang mendukung penulisan laporan akhir ini, yaitu:
2.1     Sistem Informasi
2.1.1   Pengertian Sistem
2.1.2   Konsep Informasi
2.1.3   Proses Sistem Informasi
2.2     Pemasaran
2.2.1   Pengertian Pemasaran
2.2.2   Pengertian Bauran Pemasaran
2.3     Website, PHP dan MySQL
2.3.1   Pengertian Website
2.3.2   Pengertian PHP
2.3.3   Pengertian MySQL
2.4     Bimbingan Belajar
2.4.1   Pengertian Bimbingan Belajar

BAB III  KEADAAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai data dan informasi yang ada hubungannya dengan objek pembahasan pada bimbingan belajar Ristek Palembang, yang terdiri dari:
3.1     Sejarah Singkat bimbingan belajar Ristek Palembang
3.2     Visi dan Misi
3.2.1   Visi
3.2.2   Misi
3.3     Struktur Organisasi bimbingan belajar Ristek Palembang
3.4     Pembagian Tugas
3.5     Program Belajar pada Bimbingan Belajar Ristek Palembang

BAB IV  PEMBAHASAN

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan hasil dari keseluruhan penelitian yang merupakan kesimpulan dari penelitian dan juga menyajikan saran yang diberikan oleh penulis.  Adapun isi dari bab ini adalah sebagai berikut:
5.1     Kesimpulan
5.2     Saran

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar