Sabtu, 25 April 2015

Contoh Pendahuluan Makalah tentang Citra Merek (Perilaku Konsumen)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuaan dan teknologi akhir-akhir ini serta pengaruh luas globalisasi dalam negara kita membawa dampak dan pengaruh yang berarti pada perkembangan perekonomian negara kita.  Hal tersebut diwujudkan dengan semakin maraknya pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari-hari manusia dengan menggunakan komputer jinjing.  Pada sektor bisnis fungsi pemasaran memegang peranan penting dalam mempengaruhi aktivitas perusahaan untuk meningkatkan keuntungan guna perkembangan perusahaan dan mempertahankan kelangsungan hidup yang diinginkan, harus mengembangkan berbagai cara memenuhi tuntutan konsumen dan memuaskannya, karena kepuasan konsumen merupakan tujuan dari aktivitas pemasaran. 
Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era globalisasi perusahaan menyadari saat ini manfaat produk tidak cukup untuk menarik minat konsumen.  Banyak aspek-aspek lain yang harus mereka pertimbangkan dan salah satunya yang cukup penting aalah citra merek (brand image).  Citra imaga (brand image) telah menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memasarkan suatu produk.  Keberadaan suatu merek dianggap penting karena merek dapat mencerminkan identitas dari suatu produk dan memberikan dampak tertentu kepada perusahaan dari citra merek yang ditimbulkannya. Merek sangat bernilai karena mampu mempengaruhi pilihan atau preferensi konsumen.  Sebuah merek yang baik dapat memberikan tanda adanya superiotas produk terhadap konsumen yang mengarah pada sikap konsumen yang menguntungkan dan membawa konerja penjualan dan keuangan yang lebih baik bagi perusahaan. (Nurmiyati, 2009:18)
Salah satu merek komputer jinjing yang sudah banyak dikenal masyarakat adalah Acer.  Fenomena semakin banyaknya masyarakat yang membawa komputer jinjing untuk aktivitas sehari-hari merupakan suatu kebutuhan layaknya sandang dan pangan.  Pergeseran nilai budaya ini sebanding dengan maraknya teknologi yang murah, mudah, dan menjanjikan.  Acer merupakan salah satu produk yang merupakan hasil dari pesatnya ilmu pengatahuan dan teknologi yang ada pada saat ini.  Terutama komputer jinjing yang menjadi tuntutan pada era globalisasi.  Acer juga merupakan salah satu dari produsen ternama komputer didunia, dan di Indonesia sendiri telah menjadi produsen komputer jinjing nomor dua. Salah satu strategi  yang diunakan PT Acer untuk menawarkan produk acer agar dapat menarik miniat beli konsumen terhadap produk tersebut melalui merek (brand).  Merek (brand) menjadi sangat penting karena konsumen potensial akan memperhatikan merek dari produk yang akan ia beli.  Karakteristik merek mengingatkan sesuatu tentang karekteristik produk (kegunaan dari produk tersebut), mudah dieja, dibaca dan diingat, serta mempunyai ciri khas tersendiri, bisa diadaptasi oleh produk-produk baru yang mungkin ditambahkan di lini produk, bisa didaftarkan dan dilingungi hak paten.
Citra merek (brand image) sangatlah penting untuk meraih pangsa pasar yang diharapkan oleh perusahaan.  Hal ini dilakukan untuk mengetahui citra merek (brand image) yang dicari pada pemakai komputer jinjing Acer khususnya mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis.  Proses pembelajaran yang menggunakan komputer jinjnng sebagai alat bantu dalam belajar.  Berdasarkan pengamatan banyak jenis laptop yang digunakan mahasiswa salah satunya adalah komputer jinjing merek Acer. Dilihat dari jumlah populasi semester 6 yang berjumlah 100 orang pengguna komputer jinjing Acer.
Alasan mengapa kebanyakan mahasiswa memilih komputer jinjing merek Acer karena komputer jinjing merek Acer memiliki kualitas yang cukup baik dan harga yang terjangkau.  Oleh karena itu komputer jinjing merek Acer banyak diminati atau dipakai oleh mahasiswa  Jurusan Administrasi Bisnis.  Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 jurusan Administrasi Bisnis yang menggunakan komputer jinjing merek Acer dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk membuat Makalah Akhir yang berjudul “Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya”.

1.2.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis peroleh, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya?
2.    Variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi citra merek komputer jinjing Acer terhadap minat beli konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya?

2.1.  Ruang Lingkup Pembahasan
Agar pembahasan didalam makalah akhir ini tidak menyimpang dari permasalahan yang ada maka penulis membatasi ruang lingkup pembahasan hanya mengenai Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya.

2.2.  Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.4.1.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah akhir adalah untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya.
1.4.2.      Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah adalah:
1.    Bagi Penulis
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya.
2.    Bagi Pembaca
Makalah akhir ini semoga bermanfaat bagi sumbangan demi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya dari bidang penelitian Pemasaran.

2.3.  Metodologi Penelitian
2.3.1.      Ruang Lingkup Penelitian
Dalam penulisan makalah akhir ini, penulis akan melakukan penelitian pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya. Penelitian dilakukan pada lingkup yang tidak terlalu luas, sehingga penulis dapat langsung memberikan kuisoner dengan waktu yang tidak terlalu lama.

2.3.2.      Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2008:38). Dalam hal ini variabel penelitian yang dipakai adalah variabel Independen dan Dependen. Menurut Sugiyono (2008:39-40) Variabel Independen adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat). Sedangkan variabel dependen atau variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Hubungan antara keduanya adalah seperti gambar di bawah ini:
Citra Merek
(Variabel Independen)

terhadap

Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
(Variabel Dependen)

Sumber: Sugiyono (2008:39-40)


2.3.2.      Jenis dan Sumber Data
Ada dua macam jenis data yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian (Yusi dan Idris, 2009:103), yaitu:
2.3.2.1      Data Primer
Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perseorangan langsung dari objeknya. Data primer dalam makalah akhir ini penulis dapat langsung dari Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.
2.3.2.2   Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah dikumpulkan dan diolah pihak lain, biasanya dalam bentuk publikasi. Data sekunder dalam makalah akhir ini penulis dapatkan dari berbagai macam referensi dan jurnal-jurnal, buku, artikel dan hasil dari penelitian pihak lain yang telah dipublikasikan yang ada kaitannya dengan penelitian ini.

2.3.4.      Teknik Pengumpulan Data
Metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data untuk menganalisa permasalahan yang timbul adalah sebagai berikut:
a.    Riset Kepustakaan (Library Research)
Yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengambilan data-data dan informasi yang bersumber dari buku-buku, literatur, dan mempelajari referensi-referensi yang ada hubungannya dengan penulisan makalah ini.
b.   Riset Lapangan (Field Research)
Yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan peninjauan langsung ke tempat yang menjadi objek penelitian. Dalam hal ini penulis lakukan di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang dengan cara menerapkan metode kuesioner (daftar pertanyaan).  Sugiyono (2008:156) menyatakan bahwa kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Penulis mengumpulkan data dengan cara membuat beberapa pertanyaan yang terkait dengan permasalahan dan yang kemudian dibagikan kepada mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang agar mendapatkan data-data secara langsung dari responden. 

2.3.5.      Populasi dan Sampel
a.    Populasi
Populasi adalah suatu kelompok dari elemen penelitian, di mana elemen adalah unit terkecil yang merupakan sumber dari data yang diperlukan (Kuncoro dalam Yusi dan Idris, 2009:59). Jumlah populasi yang penulis teliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa.
b.      Sampel
            Sampel adalah sebagian dari populasi yang karakteristiknya hendak diteliti dan dianggap bisa mewakili populasi, sehingga jumlah sampel lebih sedikit daripada jumlah populasi (Puspowarsito, 2008:92). Rumus penentuan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Slovin (dalam Setiawan, 2012:94) sebagai berikut:

n = N/1+N(e)2

Keterangan: angka 2 adalah pangkat 2
n          =  jumlah sampel
N         =  jumlah populasi
e           =  taraf kesalahan (10%)

Maka, jumlah sampel yang penulis dapatkan adalah:
n = N/1+N(e)2
n = 100/1+100 (0,01)
n = 50

Jadi, jumlah sampel yang penulis dapatkan adalah sebanyak 50 responden/mahasiswa.

c.       Teknik Sampling
Teknik sampling yang digunakan penulis dalam penyebaran kuesioner pada makalah ini adalah teknik sampling insidental. Menurut Sugiyono (2008:91), teknik sampling insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.

2.3.6.      Skala Pengukuran
Skala yang penulis gunakan pada makalah ini adalah skala Likert. Menurut Sugiyono (2008:107) Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam penelitian, fenomena sosial ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, yang selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian.
Dengan skala likert, variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrument yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan.
Jawaban setiap item instrument yang menggunakan skala Likert mempunyai gradasi  dari sangat positif hingga sangat negatif, seperti pilihan jawaban sebagai berikut:

Tabel 1.1 Skala Pengukuran

No.
Keterangan
Bobot
1.
Sangat Tidak Setuju (STS)
1
2.
Tidak Setuju (TS)
2
3.
Kurang Setuju (KS)
3
4.
Setuju (S)
4
5.
Sangat Setuju (SS)
5
Sumber: Sugiyono (2008:107)

          1.5.6  Metode Analisis Data
Dalam menganalisa data untuk membahas permasalahan yang dihadapi oleh Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai berikut:
a.    Metode Deskriptif Kualitatif
Metode deskriptif kualitatif yaitu data yang berupa pendapat, sehingga tidak berupa angka, melainkan berupa kata atau kalimat. Penulis melakukan pembahasan dengan cara menguraikan dan menjabarkan pilihan skor responden.
b.   Metode Deskriptif Kuantitatif
Metode Deskriptif Kuantitatif yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk angka sehingga hasil dapat diukur. Dalam hal ini penulis menggunakan metode kuantitatif untuk mengolah atau menghitung data berupa jumlah jawaban responden terhadap kuisoner yang diberikan.  Hasil dari pengolahan tersebut dibantu dengan software SPSS versi 11.5 for windows sehingga dapat diperoleh informasi mengenai pengaruh citra merek komputer jinjing Acer terhadap minat beli konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya. Adapun analisa yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.   Uji Validitas
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevalidan atas kesahihan sesuatu instrumen (Yusi dan Idris, 2009:88).
b.   Uji Reliabilitas
Suatu pengukuran dikatakan raliabel apabila pengukur tersebut menghasilkan hasil-hasil yang konsisten. Reliabilitas mendukung validitas dan merupakan sarat perlu tetapi tidak merupakan syarat kecukupan bagi validitas. Reliabilitas berkaitan dengan estimasi sejauhmana suatu pengukur bebas dari kesalahan acak atau tidak stabil (Yusi dan Idris, 2009:90).
c.    Analisis Regresi Berganda
Data primer yang penulis dapatkan akan dianalisis dengan menggunakan rumus statistik regresi berganda. Adapun rumus regresi berganda menurut (Yusi dan Idris, 2009:139):
Y = a + b1X1 + b2X+ b3X3
Keterangan:
Y           = Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
a             = nilai Y, apabila X X= X= 0
b1, b2, b3  = Koefisien regresi untuk setiap dimensi
X1             = Variabel Citra Perusahaan
X2             Variabel Citra Konsumen
X3             = Variabel Citra Produk
d.   Korelasi
Koefisien korelasi berupa indeks atau angka yang digunakan untuk mengukur keeratan antara dua variabel yang datanya berbentuk data interval atau rasio.   Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:


Dimana:
r       =  koefisien korelasi
X     =  deviasi rata-rata variabel X
Y     =  deviasi rata-rata variabel Y

Tabel 1.2
Interprestasi Koefisien Korelasi

No.
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
1.
0,00-0,199
Sangat Rendah
2.
0,20-0,399
Rendah
3.
0,40-0,599
Sedang
4.
0,60-0,799
Kuat
5.
0,80-1,000
Sangat Kuat
Sumber: Sugiyono(2008:214)

2.4.  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan sedikit gambaran mengenai isi makalah secara ringkas dan jelas, sehingga antara bab yang satu dengan bab yang lain akan saling berhubungan.  Adapun perincian sistematika penyusunannya adalah sebagai berikut:
BAB I     PENDAHULUAN
Bab ini merupakan awal dari penulisan makalah, dimana dalam bab ini menguraikan hal-hal yang mendasar mengenai pokok pemikiran yang melandasi permasalahan dan pokok pembahasan yang terdiri dari:
1.1.       Latar Belakang
1.2.       Rumusan Masalah
1.3.       Ruang Lingkup Pembahasan
1.4.       Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.5.       Metodelogi Penelitian
1.5.1.      Ruang Lingkup Penelitian
1.5.2.      Jenis dan Sumber Data
1.5.3.      Teknik Pengumpulan Data
1.5.4.      Populasi dan Sampel Penelitian
1.5.5.      Analisa Data
1.6.       Sistematika Penulisan

BAB II  PEMBAHASAN
Dalam bab ini merupakan bab pembahasan terhadap masalah pokok yang telah dirumuskan dan ditinjau dari:
2.1    Profil Responden
2.2    Uji Instrumen Penelitian
2.2.1   Uji Validitas
2.2.2   Uji Reliabilitas
2.3    Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer Terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya
2.3.1   Analisis Berganda
2.3.2   Uji Simultan (Uji F)
2.3.3   Uji Parsial (Uji T)
2.4    Pembahasan
2.4.1   Pengaruh Citra Merek Komputer Jinjing Acer Terhadap Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya
2.4.2   Variabel yang Paling Dominan Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya

BAB III   KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis mencoba menarik kesimpulan dan memberi saran terhadap pembahasan yang telah dilakukan sebagai berikut
5.1.       Kesimpulan
5.2.       Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar